Loading...
Monday, October 6, 2014

MEREKA BICARA JOKOWI


MEREKA BICARA JOKOWI
Joko Widodo merupakan Presiden terpilih Republik Indonesia. Namanya kini popoler di seluruh penjuru tanah air. Dari rekam jejaknya ia berhasil memimpin Kota Solo dan Jakarta. Rakyat kini telah menyukainya. Sanjungan dan pujian dari para tokoh bangsa turut menyertainya. Berikut Pandangan para tokoh untuknya.
Jokowi Capres yang Lain Mundur Saja
Jokowi adalah sosok fenomenal dan paling poluler. Ketika pemimpin lain bergaya mbossy dan elitis, Jokowi justru hadir di tengah-tengah masyarakat, berbaur dan mau mendengar keluh-kesah rakyatnya. Kepemimpinan Jokowi yang membumi dan dicintai rakyat ini akan mengantarkannya menuju Presiden Republik Indonesia. Semua calon Presiden dan yang ingin menjadi Presiden harus berfikir ulang untuk maju. Sekarang fenomenanya adalah menghabiskan uang untuk maju jadi capres. Jadi kalau ada yang mau maju, lebih baik pikir-pikir ulang, dari pada buang duit.
Dahlan Iskan (Menteri Badan Usaha Milik Negara)
            Orang Baik yang Harus Didukung
            Calon yang baik harus didukung dan didorong. Saya mengenal Jokowi sebagai sosok yang baik dan pantas menjadi Presiden Indonesia. Jika kita mendukung orang yang bermasalah boleh jadi kita akan terseret masalahnya. Dan akhirnya kita tidak bisa fokus untuk membangun negeri karena selalu dihantui oleh dosa-dosa masa lalu yang membebani langkah kita.
Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina)
            Figur Pemimpin Sejati
            Jokowi mampu mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, kreatif dan kuat. Rekam jejak Jokowi dalam memimpin Solo selama tujuh tahun sangat bagus. Banyak prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh Jokowi dan Kota Solo baik nasional maupun internasional. Jokowi adalah pemimpin mumpuni yang mampu mengangkat harkat dan martabat “wong cilik” melalui berbagai program andalannya. Jokowi sosok pemimpin yang dibutuhkan rakyat karena kemampuannya menumbuhkan harapan baru bukan hanya bagi warga Solo tapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia.
Prabowo Subianto (Calon Presiden Republik Indonesia)
            Kerempeng tapi Otak Besar
            Meski Jokowi kerempeng tapi otaknya besar dan bekerja. Saya sudah berkali-kali bertemu dengan Jokowi sejak masih menjabat sebagai Walikota Solo. Jokowi adalah sosok pemimpin yang tidak peduli dengan citra. Dia selalu tampil apa adanya, jujur dan sederhana. Saya sangat yakin Jokowi mampu memperbaiki negeri ini, yang kekayaan alamnya telah dikuras dan dikuasai oleh “londo ireng” yaitu pengusaha pribumi yang berlagak seperti pemodal asing. Negeri ini butuh keteladanan dari pemimpin. Dan sosok Jokowi sangat dibutuhkan untuk memimpin bangsa ini. Secara pribadi saya sangat mendukung pencapresan Jokowi.
Buya Syafii Maarif (Mantan ketua PP Muhammadiyah)
            Visioner, Berkompeten dan Tidak Meragukan
            Tempo hari saya menyatakan sebelum selesainya pasangan capres-cawapres bahwa saya akan memilih capres-cawapres manapun yang ada tokoh NU-nya. Ternyata sekarang yang ada adalah pasangan Jokowi-JK. Maka saya harus konsekuen terhadap apa yang saya katakan yakni saya memilih Jokowi-JK. Saya atas nama pribadi siap mendukung penuh pencalonan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Jokowi adalah pekerja yang ulet, sementara JK memiliki pengalaman yang cukup. Maka pasangan nomor urut 2 ini adalah pasangan ideal. Jika Jokowi dan Jusuf Kalla pimpin Indonesia, insya allah aman. Karena beliau berdua bukan sosok yang suka konflik. Ini penting ditengah Indonesia yang guncang, maka diperlukan kejujuran dan ketegasan. Jokowi-JK adalah pemimpin yang visioner dan berkompetensi serta tidak meragukan.
Hasyim Muzadi (Mantan Ketua PBNU)
Penyeimbang
Kapasitas, kapabilitas, dan kompetensi Jokowi-JK tak diragukan lagi, pasangan ini sudah komplet. Jokowi sangat dekat dengan rakyat dan JK memiliki kedekatan secara historis dengan kalangan NU. Jokowi adalah pemimpin yang bisa menyeimbangkan antara pro growth, pro poor, dan pro business. Kalau mengutamakan pro growth maka pertumbuhan tinggi tapi ketimpangan melebar. Kalau mengutamakan pro poor maka pertumbuhan rendah tapi penyejahteraan rendah. Kalau pro business maka pertumbuhan tinggi tapi kasihan rakyat kecil seperti petani dan nelayan. Tidak bisa satu mendominasi yang lain.
Khofifah Indar Parawansa (Ketua Muslimat NU)
            Jujur dan Berpengalaman
Jokowi adalah sosok yang jujur, dan ia memiliki banyak pengalaman. Bapak Jokowi sudah melakukan inspeksi untuk melihat masalah Jakarta. Setelah Inspeksi, Jokowi melakukan perubahan rencana untuk memperbaiki masalah. Kemudian pak Jokowi melaksanakan.
Jusuf Kalla (Calon Wakil Presiden Republik Indonesia)
            Aksi Nyata
Bahkan Jokowi mau masuk gorong-gorong dan mengunjungi rakyat di daerah kumuh untuk membicarakan akses kesehatan dan pendidikan. Jokowi langsung turun tangan menangani banjir besar yang merendam Jakarta. Dia lebih menekankan aksi nyata. Kita butuh Jokowi di sini (Malaysia)
Syed Nadzri Syed Harun (Kolumnis terkenal Malaysia)
            Mendengar Keluh-Kesah Warga
Dia datang dan lihat sendiri apa yang warga mau. Dia punya gaya tersendiri untuk dekat dengan masyarakat. Itulah yang susah orang tiru dan tidak lelah mendengar keluh kesah warganya.
Paskalis Wakaat (Ketua Asosiasi Pengukir Asmat)
            Memberi Bukti
Banyak hal-hal yang menurut saya baru. Hal-hal yang beliau bilang saat kampanye tinggal dieksekusi, ternyata terbukti.
Prijanto (Eks Wagub DKI)
            Belajar dan Memberi Solusi
            Beliau banyak mau belajar dan banyak mendengar. Tidak berhenti mencari solusi.
Nachrowi Ramli (Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta)
            Tanpa Seminar Tanpa Teori
Kita bisa belajar dari sosok Jokowi yang tanpa seminar-seminar dan teori, tetapi langsung action. Itulah yang dimaksud memimpin dengan hati. Jika memang Jokowi ditakdirkan untuk memimpin rakyat, menurut saya beliau amat memenuhi syarat. Itu dapat dilihat dari gaya kepemimpinannya yang selalu dekat dengan rakyat.
Mahfudz MD (Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI)
            Orang Kecil, Semangat Besar
Pak Jokowi ini luar biasa, orangnya kecil tapi semangatnya besar.
Shinta Nuriyah (Istri Alm. Gus Dur)
            Tegas
Kami mengapresiasi ketegasan Jokowi menghentikan pengaruh asing untuk terus mengontrol dan mengintervensi Indonesia.
Dani Setiawan (Ketua Koalisi Anti Utang)
            Banyak Ide
Pak Jokowi memiliki sejumlah karakter yang menarik. Terutama sosoknya yang penuh ide. Beliau mempunyai banyak ide untuk mengembangkan hubungan masyarakat Jakarta dan Kuala Lumpur. Beliau juga pribadi yang ramah, pandai serta tegas. Saya senang dapat bertemu langsung dengan beliau.
Datuk Syed Munshe afdzaruddin Syed Hassan (Dubes Malaysia)
Pemberdaya Masyarakat
Jokowi menekankan perlunya masyarakat merasa diberdayakan. Hanya dengan itu mereka akan mendukung inisiatif pemerintah daerah.
Datuk seri mustapa muhammed (Menteri Industri dan Perdagangan Malaysia)
Berintegritas dan Berkompetensi
Dari dulu saya bilang kalau pak Jokowi cocok jadi Presiden. Beliau pemimpin yang berintegritas dan memiliki kompetensi.
Abraham Samad (Ketua KPK)
            Cepat Naik Pangkat
Jokowi, saya kenal baik, kita tidak boleh “underestimate” dia, dia punya “chance”, nasibnya baik, mulai dari Wali kota Solo, Gubernur Jakarta, cepat banget naik pangkatnya. Saya menghargainya dan sekarang dia menjadi capres.
Surya Paloh (Ketua Umum Partai Nasional Demokrat)
            Tak Berjarak dan Egaliter
Masyarakat butuh pemimpin yang egaliter dan tidak berjarak, menjadi aku banget dalam lingkungan masyarakat, atau dalam bahasa betawinya, pak Jokowi itu gue banget. Dengan penampilan yang sederhana dan komunikasi yang tidak berjarak dengan rakyat. Saya berkesimpulan bahwa bangsa ini akan lebih cepat membangun bila dipimpin Joko Widodo.
Muhaimin Iskandar (Ketua Dewan Tanfidz PKB)
            Rendah Hati, Sederhana
Jokowi adalah sosok pemimpin yang rendah hati, humble, sederhana dan merakyat. Beliau pemimpin yang sudah lama dirindukan rakyat. Jokowi itu sohib, kawan, bukan lawan. Kalau masyarakat memimpikan pemimpin yang bersih lurus-lurus saja, pilih Jokowi.
Ivanka (Musisi Slank)
            Amanah
Jokowi adalah sosok yang bisa menjaga kepercayaan dan amanah. Slank akan mengambil posisi sebagai mitra yang selalu kritis, kalaupun Jokowi benar-benar menjadi Presiden RI.
Bimbim (Musisi Slank)
            Baik, Jujur, dan Kerja Cepat
Jokowi pantas didukung menjadi Presiden. Jokowi itu orang baik, jujur, dan kerja cepat. Turun ke jalan dan blusukan.
Kaka (Musisi Slank)
Niat yang Kuat
Jokowi mempunyai niat yang kuat dalam membangun, sehingga mampu melibatkan semua stakeholder.
Sutiyoso (Ketua Umum PKPI dan Mantan Gubernur DKI Jakarta)
Uang Bukan Segalanya
Kemenangan Jokowi membuktikan bahwa uang bukan segala-galanya dalam setiap pertarungan politik. Kemenangan Jokowi juga membuktikan bahwa pencitraan dalam politik bukan segala-galanya.
Megawati Soekarnoputri (Presiden ke-5 Republik Indonesia)
Kesederhanaan
Beliau gunakan itu. Ya “kesederhanaan”. Kesederhanaan dari Jokowi bukan hanya dari cara ia berpakaian. Namun kesederhanaan itu juga tercermin dalam setiap tindakan yang dilakukan dalam bekerja. Sejak masih menjadi pengusaha furnitur hingga menjabat Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sudah berbaur dengan rakyat dan tetap merakyat. Dengan demikian, kebijakan-kebijakannya menyentuh langsung pada rakyat. Jokowi sudah tahu dan melaksanakan ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan Jokowi lahir dari hati, sementara yang lain dari omongan saja.
Jenderal (Purn) Luhut Pandjaitan (Mantan anggota Dewan Pertimbangan DPP Golkar)
Rendah Hati, Sederhana, dan Polos
Saya sangat mengagumi Jokowi sebagai seorang pemimpin yang rendah hati, sederhana, dan polos. Karena kepolosannya itulah yang harus dipertahankan. Jokowi harus dipelajari oleh seorang politikus dan juga oleh siapapun, terutama menyangkut kepolosannya. Sifatnya yang polos dan juga merakyat dan selalu mendekatkan diri kepada masyarakat itu yang harus menjadi contoh saat ini.
Gita Wirjawan (Mantan Menteri Perdagangan RI)
Pekerja Keras
Jokowi adalah seorang pekerja keras yang memiliki kekuatan fisik di atas rata-rata. Dengan rutinitas yang super padat, Jokowi mampu tetap tampil bugar dan tak henti menyapa masyarakat atau tokoh lainnya dalam rangka kegiatan politik atau bersilaturrahim.
Suaidi Marasabessy (Anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat)
Cerdas, Kreatif, dan Fisik Kuat
Jokowi memiliki kecerdasan emosional dan fisik yang kuat. Pemimpin harus memiliki kecerdasan, kreatifitas serta kemampuan kecerdasan spiritual tinggi. Paling tidak, seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan emosional, bisa mengatur emosi. Karakter tersebut ada pada Jokowi. Publik sudah merindukan sosok pemimpin yang mengerti akan kemauan rakyat. seiring pascareformasi bergulir kondisi Indonesia tidak menunjukan kemajuan yang baik. Sehingga rakyat ingin memiliki pemimpin yang bertanggungjawab. Maka saya melihat baru kali ini rakyat sangat merindukan sosok Jokowi. Saya pernah bicara dengan Jokowi, yang beliau inginkan adalah ingin melihat kebahagiaan rakyat. jika rakyat sudah bisa tertawa, maka itulah tujuan Jokowi-JK.
Wiranto (Ketua Umum Partai Hanura)
Pro terhadap HAM
Saya ingin sampaikan rekam jejak Jokowi di bidang HAM. Selama memimpin sebagai Gubernur dan Wali Kota, beliau tunjukkan sikap yang pro kepada HAM.
Taufik Basari (Ketua Badan Advokasi Hukum Nasdem)
Populer dan Berkarisma
Sangat populer, sangat berkarisma
Eduardo Ruiz Amusen (Dubes Cile)
Berjiwa Wirausaha
Pak Jokowi awalnya adalah Wirausaha. Dan sekarang sebagai Birokrat tetap berjiwa Wirausaha.
Chairul Tanjung (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI)
Kiriman Tuhan
Saya terkesan dengan prakarsa pak Jokowi dalam menanggulangi banjir. Saya kira Tuhan kirim anda untuk menyelesaikan Jakarta, sebab Gubernur sebelumnya tak mampu selesaikan masalah Jakarta.
Priyo Budi Santoso (Wakil Ketua DPR RI)
Blusukan
Daerah harus melakukan pengecekan untuk program-program kompensasi masyarakat miskin. Pak Jokowi betul, jika mau melihat ini, kita harus blusukan.
Boediono (Wakil Presiden Republik Indonesia)




0 comments:

Post a Comment

 
TOP